Senin, 12 April 2010

Manusia Dan Cinta Kasih

Seperti yang kita ketahui, sudah menjadi kodratnya bahwa manusia meupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari cinta dan kasih sayang. Oleh karena itu, "Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak mempunyai rasa cinta dan kasih sayang". Jikapun ada, itu hanyalah sebuah kiasan belaka.

Dikalangan remaja saat ini, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya cinta dan kasih sayang. Pada masa-masa remaja memang masa-masa dimana sesorang manusia sedang mencari jatidirinya. Oleh sebab itu, merekapun mencari apa yang dinamakan cinta dan kasih sayang. Namun cinta dan kasih sayang tidak berarti harus kepada lawan jenis. Untuk lebih jelasnya, saya akan menjabarkannya satu persatu.
  • Cinta Kasih
Jika dijabarkan satu persatu, cinta adalah rasa sangat suka atau sayang kepada (entah itu seseorang, hewan, d.l.l.). Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta. Jadi bisa disimpulkan bahwa cinta kasih adalah perasaan suka (sayang) kepada sesorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Meskipun mempunyai perngertian yang hampir serupa, namun terdapat perbedaan antara keduanya. Cinta lebih mengandung perngertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih kepada keluarannya. Dengan kata lain, cinta berasal dari hati yang mendalam dan rasa cinta tersebut dapat diwujudkan secara nyata dengan kasir kasih.
Ada banyak jenis-jenis cinta diantaranya adalah :

1. Cinta Kepada Tuhan

Ini merupakan puncak cinta manusia yang paling utama. Yaitu cinta kepada Allah dan kerinduan kepanya-Nya. Rasa cinta tersebut tidak hanya dilakukan dalam shalat dan doa saja, tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah laku. Cinta yang ikhlas dari seorang manusia kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupannya dan menundukan semua bentuk kecintaan lainnya.


2. Cinta Kepada Rasul

Selain kepada Allah, kita juga harus mencintai Rasul yang diutus oleh Allah sebagai rahmah bagi seluruh umat manusia. Hal ini karena rasul merupakan sosok yang sempurna baik dalam tingkah laku, moral, akhlak, maupun sifat lainnya.


3. Cinta Diri Sendiri

Cinta diri sendiri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri. Sudah menjadi takdirnya bahwa manusia senang untuk tetap hidup, mengembangkan potensi dirinya, dan mengaktualitaskan diri.


4. Cinta Sesama Manusia

Seperti yang dijelaskan diawal, manusia merupakan mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial, manusia tidak hanya cinta kepada dirinya sendiri, tetapi kepada manusia lainnya seperti bekerja sama dan memberi bantuan kepada orang lain. Agar tercipta keharmonisan dan keserasian dalam hidup antar manusia.


5. Cinta Lawan Jenis

Semua insan manusia di dunia pasti pernah merasakan indahnya jatuh cinta. Bagaimana tidak ?! Jika seorang manusia sedang jatuh cinta kepada lawan jenisnya, hati dapat berbunga-bunga. Segala sesuatu pasti menjadi indah. Cinta meupakan emosi alamiah dari dalam diri manusia. Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual. Lewat dorongan seksualah terbentuk keluarga. Dari keluarga kemudian terbentuk masyarakat. Dan dari masyarakat kemudian terbentuk sebuah bangsa.


  • Kasih Sayang
Kasih sayang adalah perasaan sayang / perasaan cinta / atau perasaan suka kepada seseorang. Semua orang pasti pernah merasakan kasih sayang. Sejak mulai dari dalam kandungan, kita sudah di elus, dan dicium oleh orang tua kita dengan penuh kasih sayang. Lalu saat masih bayi, kita juga merasakan kasih sayang dari orang tua kita. Pada saat masih bayi kita merasakan bagaimana kasih sayang seorang ibu pada saat menggendong bayi, bagaimana mangurus kita dengan penuh kasih sayang. Selanjutnya pada saat kita remaja, kita merasakan kasih sayang teman-teman kita, hingga pacar kita. Bahkan orang yang sudah dewasa pun tetap merasakan kasih sayang yaitu kasih sayang dari pasangannya.

Selanjutnya bagi yang dewasa akan memberikan kasih sayangnya kepada akan cucunya. Hail ini akan terus berulang sepanjang waktu. Sehingga Didunia ini akan tetap ada kasih sayang manusia hingga hari kiamat nanti.


  • Kemesraan
Kemesraan, berasal dari kata mesra yang mempunyai arti simpati yang sangat akrab. Jadi kemesraan bisa diartikan hubungan yang akrab baik antara pria kepada wanita maupun sebaliknya, dari sedang jatuh cinta hingga yang sudah berumah tangga. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemesraan berawal dari sebuah cinta yang berlanjut. Jadi dengan kata lain, kemesaan merupakan perwujudan dari cinta.
  • Pemujaan
Pemujaan, erat kaitannya dengan cinta kepada Tuhan. Pemujaan merupakan salah satu manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Komunikasi ritual dapat dilakukan seperi, shala, puasa, dzikir, berdoa, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar