Kamis, 22 April 2010

Manusia Dan Keadilan

  • Keadilan
Keadilan adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Keadian diproyeksikan pada diri manusia sehingga yang diartika adil adalah orang yang mengendalikan diri, dan perasaannya dikendalikan oleh akal. Ada juga oendapat lain yang mengartikan bahwa keadlian adalah perngakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntuk hak dan menjalankan kewajiban.
    Macam-Macam Keadilan :

1. Keadilan Moral

2. Keadilan Distributif

3. Keadilan Komutatif

  • Kejujuran
Kejujuran atau jujur adalah apa yang dikatakan seseorang sesuai dengan hati nuraninya dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Jujur juga berarti seseorang bersih hatinya dari pernuatan-perbuatan yang dilarang agama dan hukum. Jadi barang siapa yang berkata jujur serta bertindak sesuai dengan kenyataan, artinya orang tersebut berbuat benar.
  • Pemulihan Nama Baik
Nama Baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik adalah nama yang tidak tercela. Penjagaan nama baik erat kaitannya dengan tingkah laku atau perbuatan. Yang dinaksud tingkah laku dan perbuatan antara lain ara berbahasa, cara bergaul, sopan santun, disiplin, dan lain sebagainya. Untuk memulihkan nama baik, manusia harus tobat atau meminta maaf. Tobat dan meminta maaf tidak hanya dibibir, melainkan harus bertingkah laku yang sopan, mempunyai sikap menolong, tawakal, jujur, dan sebagainya.
  • Pembalasan
Pembalasan adalah suatu reaksi atas perbuatan seseorang. Reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang setimpal, tingkah laku yang serupa, dan sebagainya. Permbalasan disebabkan oleh adanya pergaulan. Pergaulan yang bersahabat mendapat balasan yang bersahabat. Begitu juga sebaliknya. Pada dasarnya manusia adalah makhluk moral dan makhluk sosial. Dalam bergaul, manusia harus memtauhi norma-norma untuk mewujudkan norma-norma itu. Oleh karena itu, tiap manusia tidak menghendaki hak dan kewajibannya dilanggar. Mempertahankan hak dan kewajiban itu dalah permbalasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar