Selasa, 20 April 2010

Manusia Dan Penderitaan

  • Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita yang berasal dari bahasa sangsekerta "dhra" yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berarti penderitaan lahir maupun batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan "resiko" hidup. Penderitaan, erat kaitannya dengan keagamaan. Jika seorang manusia mendapatkan penderitaan didunia, maka ia mendapatkan cobaan didunia dan mendapatkan pahala. Insya allah ia akan masuk surga.

  • Siksaan
Siksaan dapat meliputi siksaan lahir dan siksaan batin. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbullah penderitaan. Siksaan yang dialami manusia Dalam kehidupan sehari-hari banyak terjadi disekitar kita. Bahkan ada yang ditulis dimedia masa. Dengan demikian disatu sisi itu merupakan penderitaan, namun disisi lain itu merupakan sumber keuntungan.
  • Kekalutan Mental
Kekalutan mental bisa diartikan sebagai penderitaan batin. Kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehinga yang bersangkutan bertingkah kurang wajar. Gejala permulaan mengalami kekalutan mental adalah :
    a. Pada jasmani yaitu sering sakit-sakitan;
    b. Pada kejiwaannya yaitu dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati dan mudah marah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar