Jumat, 28 Mei 2010

LG GW990, ponsel pertama di dunia dengan prosesor intel atom. !!

Intel pada hari Kamis ini telah menunjukkan smartphone pertama berbasis platform Moorestown mendatang untuk perangkat mobile.
Smartphone LG GW990 akan dibuat oleh LG Electronics dan dikapalkan pada paruh kedua tahun ini, kata CEO Intel Paul Otellini saat pidato di International Consumer Electronics Show di Las Vegas. Ini adalah perangkat pertama diluncurkan yang didasarkan pada Moorestown, platform chip dengan prosesor Atom berbasis Intel menargetkan pada smartphone dan perangkat mobile Internet.
Smartphone memiliki layar 5 inci yang dapat memutar ulang video 720p high-definition. Layar mendukung multitouch input dan termasuk kamera di bagian depan dan belakang. Telepon menjalankan sistem operasi Moblin berbasis Linux OS.
LG tahun lalu mengatakan bahwa produknya yang akan datanga akan mengadopsi platform Moorestown untuk perangkat ponsel, meskipun tidak memberikan rincian lebih lanjut. pembuat perangkat lain seperti Nokia telah mengadopsi platform Moorestown, tapi belum mengumumkan produk mereka hingga saat ini.
Smartphone ini akan mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Selama demonstrasi di atas panggung, telepon memainkan video high-definition dan menjalankan aplikasi kalender pada waktu yang sama. Aplikasi seperti konferensi video multipoint juga akan dimungkinkan melalui perangkat ini.
Platform Moorestown menarik sampai setengah kekuatan dalam modus penggunaan aktif dan sampai 50 kali lebih sedikit daya dalam modus siaga dibandingkan dengan pendahulunya, demikian yang dikatakan perusahaan tersebut.
Platform ini mencakup versi efisien daya prosesor Atom, kode-bernama Lincroft, yang dipasangkan dengan chipset disebut Langwell. Intel menjelaskan Lincroft sebagai sistem on-chip (SoC) dengan akselerator grafis 3D, memory controller terintegrasi dan komponen lainnya dalam sebuah chip tunggal.
Moorestown menyediakan kekuatan komputasi yang dibutuhkan untuk membawa fungsi PC ke smartphone, kata Otellini. Moorestown merupakan tindak lanjut dari platform Menlow saat ini, yang masuk ke dalam produk-produk seperti perangkat internet mobile.
"Itu lebih kecil, lebih cepat dan lebih baik dari apa yang kami lakukan sebelumnya," kata Otellini.
Chip Atom awalnya diperkenalkan pada tahun 2008, dan berperan penting dalam pemijahan kategori baru dari perangkat disebut netbook. Selama berpidato, Otellini juga mengumumkan toko download aplikasi netbook pertama, disebut AppUp Center beta, yang merupakan bagian dari program pengembang Atom.
Termasuk pembuat PC Acer, Asus, Dell dan Samsung berkomitmen untuk mengembangkan aplikasi berdasarkan AppUp Center, kata Otellini. Toko aplikasi tersebut bisa diluncurkan pada akhir kuartal dan akan diakses melalui netbook pembuat PC.
Aplikasi program netbook pengembang telah memenangkan dukungan luas, kata Otellini. Program ini telah dekat dengan 3.000 anggota dan kit pengembangan perangkat lunak telah download 25.000 kali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar