Minggu, 15 Agustus 2010

Memilih ISP yang tepat

Saat ini banyak tersedia beragam pilihan isp yang tersedia dengan berbagai harga di indonesia. Sebut saja Telkomnet Instant, Fastnet/First Media, Speedy, IM2, 3, Biznet, dan masih banyak lagi.Beragam isp tersebut pun memakai berbagai cara dan sistem kerja dalam menyalurkan layanan internetnya kepada para pelanggannya. Ada yang menggunakan Dial Up, ADSL, Broadband Wireless (BTS), Fiber Optic, Point to Point dengan menggunakan Wireless / WiMax, dan masih banyak lagi.

Tentunya dengan pilihan isp yang begitu banyak pasti kita dibingungkan untuk memilih isp mana yang akan kita pilih. Untuk itu saya akan menjelaskan sedikit tentang pengalaman pribadi saya menggunakan layanan isp-isp tersebut. Mudah-mudahan dengan ini bisa menjadi referensi anda dalam memilih isp yang tepat untuk anda.



  • Telkomnet Instant
Bagi anda yang telah mengenal internet sejak akhir 90an hinggal awal 2000an pasti sudah tidak asing lagi dengan nama isp yang satu ini. ISP besutan telkom ini masih berdiri tegak hingga kini. Telkomnet instant merupakan isp yang pertama kali saya pakai karena pada waktu itu internet merupakan barang mahal. Jadi belum banyak isp yang menawarkan jasa internetnya di indonesia. Dengan tarif Rp.165,- /menit (Rp. 100,-/menit ), anda sudah bisa berselancar di dunia maya. Asalkan anda sudah memiliki line telepon telkom di rumah anda, modem internal/eksternal, dan komputer/laptop pastinya. Dengan setting, maka akses dial up ini sudah dapat kita nikmati dengan kecepatan sampai dengan / upto 56Kbps.
    Skema Internet dengan Dial Up


Sepengalaman saya memakai telkomnet instant, yang saya rasakan adalah internetnya sangat stabil. Dari mulai awal dial hingga selesai, sangat-sangat jarang sekali terputus dan tidak terasa begitu berat jika membuka sebuah halaman web standart. Begitu juga untuk bermain game online. Saya rasakan sangat stabil dan tidak terlalu menemukan lag yang berarti walau dengan kecepatan sampai dengan 56Kbps. Jika anda memerlukan koneksi sesekali untuk browsing, e-mail,dll , layanan ini sangat disarankan. Tapi jika anda tipe orang yang gemar membuka halaman web yang penuh dengan konten flash/ streaming video/download/multitasking (membuka beberapa tab secara bersamaan dalam 1 waktu), layanan ini sangat tidak disarankan karena akan terjadi bottle neck pada jaringan yang akan berakibat pada putusnya koneksi (lihat gambar). Pada gambar saya ilustrasikan sebagai jalan raya.

Website resmi Telkomnet Insant
Klik Disini

  • Telkom Speedy
Speedy merupakan layanan broadband dari telkom yang menggunakan teknologi ADSL. ADSL merupakan kependekan dari Asymmetric Digital Subscriber Line. ADSL merupakan teknologi yang memungkinkan data kecepatan tinggi dikirim melalui kabel telpon.

Telkom Speedy mempunyai berbagai macam pilihan kecepatan. Dengan tarif mulai dari Rp.75.000,- sampai dengan Rp. 1.695.000,- (belum termasuk ppn) dan kecepatan mulai dari 384Kbps sampai dengan 3Mbps (kecepatan sampai dengan / upto). Lihat daftar Harga. Dengan berbgai macam pilihan kecepatan dan harga, maka pelanggan dapat memilih paket internet yang diinginkan sesuai budget dan kebutuhan masing-masing.

    Daftar Harga Speedy


Saya menggunakan speedy sejak tahun 2005. Pada awal kehadirannya, speedy hanya mempunyai 2 paket utama. Menggunakan sistem perhitungan Quota, dan paket Unlimited (peket Office/Warnet). Pengalaman yang saya rasakan adalah layanan ini sangat cepat dibanding telkomnet instant. Dengan kecepatan sampai dengan 384Kbps (waktu itu), maka untuk mendownload lagu tidak perlu menunggu sambil memasak mie / bikin kopi lagi.

Masalah utama yang kadang dialami oleh para pelanggan speedy adalah terputusnya koneksi ketika mendung (ada petir) / hujan. Namun semua itu tergantung dari kondisi kabel telepon di rumah anda. Sedikit saran dari saya sebelum anda berlangganan ISP ini, perhatikan dahulu kondisi kabel telpon dirumah anda. Jika instalasi kabel telpon didalam rumah sudah jelek/karatan/banyak sambungan, anda mungkin akan mendapatkan margin yang tidak stabil/dibawah standart. Hal ini akan mengakibatkan internet anda sering terputus.



Website resmi Telkom Speedy
Klik Disini

  • First Media
Fastnet adalah layanan yang dikeluarkan oleh PT. Firstmedia, Tbk. Layanan ini menggunakan kabel optic sebagai perantaranya. Fasnet mempunyai moto "THE TRUE BROADBAND INTERNET" yang sesuai dengan pilihan paket kecepatannya mulai dari 1 Mbps sampai dengan 10 Mbps (kecepatan sampai dengan / upto) yang bikin kita mupeng tentunya dengan harga mulai dari Rp.335.000,- sampai dengan Rp.2.3050.000,- (belum termasuk ppn). Lihat daftar harga.

    Daftar Harga Fastnet


Tidak banyak yang dapat saya deskripsikan tentang ISP ini. Sepengalaman teman-teman saya, mereka cukup puas dengan kecepatan dan harganya. Sebagai perbandingan, kita mendapatkan kecepatan 1/2x lebih cepat dengan harga 1/2x lebih murah dibanding speedy. Namun sayang, fastnet tidak mengizinkan penggunanya untuk mensharing koneksinya. Lalu, coverage areanya masih sedikit. Selain itu, CS & teknisi yang kurang tanggap jika ada masalah merupakan hal yang harus diperhitungkan kembali.

Website resmi Fastnet
Klik Disini

  • IM2
IM2 merupakan sebuah produk dari Indosat.IM2 sendiri mempunyai berbagai macam produk. Diantaranya, dengan menggunakan satelit, melalui jaringan Indosat (1 BTS dengan IM3, Mentari, bsb), dan DSL. Namun, yang akan saya bahas saat ini adalah IM2 dengan jaringan indosat.

Pertama-tama kita harus membeli Starter Pack IM2 (kartu perdana). Lalu anda akan mendapatkan sebuah simcard. Anda dapat memasukan simcard tersebut kedalam HP yang difungsikan sebagai modem, atau kedalam modem USB. IM2 mempunyai 2 paket. Paket dengan Quota / paket Unlimited. Selain itu, kita dapat memilih layanan prabayar / pasca bayar.



    Daftar Harga IM2


IM2 mungkin pilihan yang tepat jika anda mempunyai mobilitas yang tinggi. Lebih cocok lagi jika dikawinkan dengan komputer jinjing anda. ISP ini dapat digunakan dimana saja selama masih tercover jaringan indosat. Saya sendiri memakai IM2 jika sedang diluar rumah & sebagai backup jika Speedy saya sedang terputus. Dengan kecepatan Unlimited sampai degan 256Kbps dijaringan HSDPA, cukup stabil jika untuk surfing, namun akan terasa sedikit lag jika bermain game karena mempunyai ping yang cukup besar. Hal ini dikarenakan sistem sharing koneksi per BTS. Diluar hal itu, kita bisa melihat sudah berapa banyak kita memakai quota hal ini sejalan dengan komitmen im2 yang ingin menjadi green company.

Website resmi IM2
Klik Disini



Written Date : 15.08.2010
Last Edited : 30.08.2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar